867 RUMAH TAK LAYAK HUNI DI JAWA TIMUR, AKAN DIBEDAH

Written by on 23 August 2019

MTBFM.CO.ID – Sebanyak 867 rumah tak layak huni di Jawa Timur akan direnovasi dalam program kerjasama Pemprov Jatim dengan Lantamal V.

Rumah yang sudah doyong lantaran hanya ditumpu oleh anyaman bambu, kini mulai direnovasi oleh Pemprov Jatim bekerja sama dengan TNI AL khususnya Lantamal V. Dinding rumah mulai direnovasi menggunakan batu bata, lantainya pun akan diperbaiki.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, renovasi 867 rumah tak layak huni di Jatim dengan hibah anggaran Rp 10 miliar ini adalah kesatuan upaya peningkatan IPM Jawa Timur.

Rumah yang direnovasi itu tersebar di pesisir Kabupaten Probolinggo 60 unit, Pasuruan 100 unit, Lamongan 84 unit, Tuban 26 unit, Bangkalan 31 unit, Sampang 10 unit, Pamekasan 159 unit Banyuwangi 115 unit, Situbondo 65 unit, Jember 30 unit, Malang 25 unit, Trenggalek 50 unit, Tulungagung 32 unit, Blitar 30 unit, dan Pacitan 50 unit.

“Harapan kami program ini akan berseiring dengan upaya mewujudkan Jatim Sejahtera. Karena mewujudkan kesejahteraan masyarakat itu pintunya banyak sekali. Ada yang lewat renovasi rumah supaya layak huni dan sehat, lewat pendidikan, lewat pengembangan UKM dan lain-lain,” kata Khofifah.

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono mengatakan bahwa ada kriteria rumah yang mendapatkan bantuan renovasi ini. Rumah yang masih berlantai tanah, dinding dari bilik bambu dengan atap rumbia atau daun kelapa dan, tidak memiliki pekerjaan tetap, serta janda atau jompo.

“Dengan adanya program ini, diharapkan tidak hanya akan menunjang masyarakat dalam pemerataan pembangunan di wilayah Jawa Timur ini. Tapi juga warga bisa memiliki hunian yang lebih layak dan bersih guna mendukung kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

 

( src : DTK / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background