MTBFM (27/5/2022) Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar acara Surabaya Vaganza ditahun 2022 ini sebagai bagian dari rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729, setelah sebelumnya acara ini ditiadakan pada 2 tahun sebelumnya akibat Pandemi Covid-19.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya mengatakan saat jumpa pers di Kantor Kominfo Surabaya, Rabu (25/5/2022),  bahwa acara ini akan digelar pada hari sabtu, 28 Mei 2022 mulai pukul 15:00 WIB untuk pawai bunga dan pukul 18:00 WIB untuk parade budaya.

Wiwiek juga menuturkan bahwa peserta Surabaya Vaganza kali ini tidak banyak seperti 2 tahun sebelumnya. Pawai bunga diikuti oleh 16 peserta dan parade budaya diikuti oleh 10 komunitas yang terdiri dari komunitas Tionghoa, Papua, Minang dan beberapa komunitas lainnya.
“Yang paling menarik, nanti dari 16 peserta pawai bunga, kita akan ambil lima terbaik yang akan dipamerkan di sepanjang Jalan Tunjungan. Kendaraan akan stay di Jalan Tunjungan itu sampai pukul 24.00 WIB,” kata Wiwiek melanjutkan.

Sedangkan untuk rute Surabaya Vaganza 2022 ini mengambil jalur pendek, dimulai dari depan Siola Jalan Tunjungan hingga Alun-alun Kota Surabaya. Menurut Wiwiek, hal ini bertujuan untuk menguatkan branding Tunjungan Romansa agar lebih terkenal kedepannya.

Selanjutnya, Irwan Andeksa, Kepala Bidang Wasdal Dishub  Kota Surabaya menjelaskan bahwa Jalan Tunjungan akan ditutup total mulai pukul 15:00 WIB. “Kita juga melakukan pengalihan arus lalu lintas selama pelaksanaan Surabaya Vaganza ini. Bahkan, lokasi-lokasi parkir juga sudah kita siapkan untuk mensukseskan acara ini,” jelas Irwan.

Lokasi parkir yang sudah disiapkan antara lain : Gedung Siola, Jalan Genteng Besar, Jalan Praban, Jalan Embong Malang Sisi Kanan, Pasar Tunjungan, belakang Taman Apsari, Balai Pemuda dan Jalan Ketabang Kali sisi timur. Selain itu, di Jalan Genteng Kali atau di depan masjid juga dapat dijadikan untuk parkir kendaraan.

“Kita juga akan sebar personil di berbagai titik untuk mengatur arus lalu lintas dan juga parkir pengunjung,” imbuhnya.

Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menambahkan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan penambahan penerangan disepanjang Jalan Tunjungan dan beberapa tempat lain, serta memastikan ketersediaan toilet portable di beberapa titik acara. Tak hanya itu, Agus menegaskan bahwa pihaknya akan menambahkan personel dibeberapa titik di Jalan Tunjungan. Personel ini akan langsung membersihkan  Jalan Tunjungan setelah selesainya acara Surabaya Vaganza, mengingat keesokan harinya akan digunakan untuk Car Free Day. (tk/mtb)

What's your reaction?
7cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.