SALAH SATU PROPINSI DI KALIMANTAN BAKAL JADI IBUKOTA NEGARA INDONESIA

MTBFM.CO.ID – Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia segera terealisasi. Kepastian itu diungkap Bambang Brodjonegoro Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Hal tersebut diketahui setelah Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo menyetujui perpindahan dari DKI Jakarta ke Pulau Kalimantan.

Persetujuan pindahnya ibu kota ke Kalimantan ini menjawab semua pertanyaan besar banyak pihak. Karena sempat dikabarkan akan dipindah ke Sulawesi bahkan Papua.

“Iya (persetujuan pemindahan ibu kota negara),” ujarnya usai menghadiri Sinkronisasi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Senin (29/7).

Meski telah memastikan ibu kota akan dipindahkan ke Kalimantan, namun Bambang belum mau membeberkan provinsi mana yang akan menjadi Ibu Kota baru.

“Nanti diumumkan. Pulaunya Kalimantan, provinsinya nanti,” kata mantan Menteri Keuangan (Menkeu) ini.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berencana memindahkan ibu kota negara ke salah satu provinsi di Pulau Kalimantan. Keputusan tersebut diambil berdasarkan mempertimbangkan aspek geografis, kebencanaan, sosial politik, serta ketersediaan air.

Diperkirakan, pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan akan menelan anggaran sekitar Rp466 triliun bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak swasta. Hal itu bertujuan untuk menekan anggaran.

 

( src : IDN / M )

 

 

What's your reaction?
0cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2012 –  2021. All rights reserved.