Pengajuan Adminduk Surabaya. Anti Ribet, Sehari jadi!

Siapa nih Mitra MTB yang suka kesel banget, pas ngurus dokumen administrasi kependudukan (adminduk) soalnya butuh waktu yang lama, kadang juga bikin kita mondar-mandir buat ngurus.

Nah di tahun 2024 ini, cak eri cahyadi wali kota surabaya bakal mengoptimalkan pelayanan adminduk bisa selesai dalam 24 jam atau sehari jadi nih mitra mtb. bahkan cak eri bakal ngasi sanksi buat petugas yang nggak bisa nyelesaiin tugasnya tepat waktu.

Cak Eri juga bilang, kalau pelayanan adminduk kayak ktp (digital), akta kematian, perubahan akta, memasukan akta, itu sehari harus selesai. jadi kalau pengajuan berkas udah masuk ke kelurahan, balai rw, masuk ke aplikasi, maksimal 24 jam harus selesai.

nah kalau ktp konvensional memang nggak bisa langsung jadi nih Mitra MTB, karena kan butuh waktu buat proses cetaknya. eiitssss… tapi jangan khawatir, menurut cak Eri, itu bukan suatu masalah karena pemerintah pusat udah ngganti ktp konvensional dengan identitas kependudukan digital (ikd) atau e-ktp.

Proses adminduk sehari jadi di surabaya udah berjalan nih mitra mtb, cuman nggak selalu berhasil, karena adanya beberapa kendala yang terjadi di lapangan, menurut Eddy Christijanto kepala Dispendukcapil salah satu kendalanya yaitu kurangnya persyaratan yang diajukan sama warga.

Selain itu Eddy juga menjelaskan kendala lain yang bikin adminduk nggak bisa selesai dalam 24 jam, yaitu nomor telepon. biasanya, pemohon nggak nyantumin nomor telepon yang valid. ini yang membuat petugas kesulitan pas mau ngasih informasi terkait syarat pengurusan yang harus dilengkapi.

Eddy juga berpesan nih, buat warga Surabaya yang mau ngurus surat-surat administrasi kependudukan, jangan lupa pastiin data yang dibutuhin lengkap ya, supaya surat yang dibutuhin bisa selesai tepat waktu yaitu sehari jadi.

 

 

What's your reaction?
17cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.