LUAS ALUN-ALUN KOTA SURABAYA CAPAI 1,46 HEKTARE

Written by on 20 June 2019

MTBFM.CO.ID – Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur, yang mulai dibangun dari kawasan Balai Pemuda, bawah tanah Jalan Yos Sudarso hingga persil Jalan Pemuda 17 diketahui memiliki luas total sekitar 14.620 meter persegi atau 1,46 haktare.

Iman Kristian Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya, mengatakan Alun-Alun Surabaya ini memiliki dua lantai, untuk lantai pertama (bawah tanah) akan menjadi sebuah plasa atau pusat perbelanjaan dan juga bisa dijadikan tempat nongkrong oleh warga Surabaya.

“Sedangkan untuk lantai dua akan dibangun tempat parkir yang luasnya mencapai 6.050 meter persegi. Tempat parkir ini akan mampu menampung 120 mobil dan 125 sepeda motor,” katanya.

Menurut dia, luas 1,46 hektare itu meliputi ruang publik yang ada di kawasan Balai Pemuda, bawah tanah Jalan Yos Sudarso hingga persil Pemuda 17 yang mencapai 8.570 meter persegi, dan ditambah lagi dengan luas ruang parkir bawah tanah yang luasnya mencapai 6.050 meter persegi.

Ia menjelaskan untuk basemen atau ruang bawah tanah Alun-Alun ini akan memiliki berbagai fasilitas seperti tangga, eskalator, dan lift khusus disabilitas. Sedangkan untuk Alun-alun sebelah timur atau di persil Pemuda 17 bakal dilengkapi dengan amphitheatre dan tribun tempat duduk untuk pertunjukkan seni.

Bahkan, kata dia, alun-alun sebelah timur nantinya juga bakal dibangun patung Sawunggaling dan diorama sejarah tentang Kota Surabaya. “Yang unik dan memunculkan kemegahan, nanti alun-alun ini akan dilengkapi air mancur menari dan juga dome kaca yang futuristic,” ujarnya.

Iman menambahkan, pembangunan alun-alun ini sebagian sudah dilakukan. Khusus basemen tahap pertama, yaitu dari sisi utara Balai pemuda hingga ujung Jalan Gubernur Suryo yang berbentuk L, sudah selesai dibangun pada 2017.

Setelah itu, lanjut dua, sisi selatan Balai Pemuda Jalan Gubernur Suryo hingga ke sisi timur Balai Pemuda yang juga berbentuk L, pengerjaannya sudah tinggal tahap akhir. “Tahun 2019 ini, kami akan kerjakan basemen Jalan Yos Sudarso,” katanya.

( src : ANT / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background