LEBARAN, ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JAWA TIMUR MENURUN

Written by on 8 June 2019

MTBFM.CO.ID – Angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah Jawa Timur dari H-7 hingga hari H Lebaran 2019 berdasarkan data dari hasil Operasi Ketupat Semeru Polda Jawa Timur mengalami penurun signifikan.

Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jatim mengatakan ada penurunan laka lantas sebesar 66 persen dibanding tahun lalu.

“Pada 2018, dalam kurun waktu yang sama, jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 282 kasus. Sementara pada 2019 jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 97 kasus,” kata Barung.

Barung menyebut secara kualitatif, jumlah korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas di Jatim juga menurun drastis. Pada 2018, tepatnya pada H-7 hingga hari H Lebaran 2019, korban meninggal dunia akibat laka lantas di Jatim mencapai 31 orang.

“Pada 2019 korban meninggal dunia turun menjadi 11 orang. Artinya, penurunannya mencapai 65 persen,” ujarnya.

Tidak hanya itu, jumlah korban luka berat dan luka ringan akibat kecelakaan lalu lintas di Jatim juga mengalami penurunan.

“Yang korbannya mengalami luka ringan juga menurun pada Operasi Ketupat di periode yang sama. Tahun lalu jumlahnya mencapai 408 orang, sementara tahun ini menurun menjadi 140 orang,” katanya.

Barung menjelaskan, jika dilihat dari jenis kendaraan bermotor, sepeda motor menjadi yang terbanyak terlibat kecelakaan.

“Begitu juga kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus, tahun ini menurun 58 persen dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu ada 12 kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus, sementara tahun ini hanya 5 kasus,” ucapnya.

( ANT / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background