LAGI, SISA PERMUKIMAN ZAMAN MOJOPAHIT DITEMUKAN DI MOJOKERTO

Written by on 24 June 2019

MTBFM.CO.ID – Situs purbakala kembali ditemukan warga di Mojokerto. Kali ini bangunan kuno yang ditemukan berupa sisa-sisa permukiman zaman Majapahit.

Bangunan kuno ini ditemukan di kebun milik Mulyanto (62), Dusun Pakis Kulon, Desa Pakis, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Mulyanto mengatakan, sekitar tiga minggu yang lalu adik kandungnya, Basuki Slamet menggali tanah untuk menguruk pondasi kandang bebek. Sampai kedalaman sekitar 50 cm, Basuki menemukan tumpukan bata merah kuno. Basuki lantas melaporkan temuan ini ke Pemerintah Desa Pakis.

“Setelah itu Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kepakisan melanjutkan penggalian,” kata Mulyanto di lokasi penemuan situs, Senin (24/6/2019).

Tim arkeolog (BPCB) Jatim meninjau temuan situs purbakala ini. Selain meninjau struktur yang telah digali warga, tim juga meminta keterangan dari pemilik lahan.

Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho menjelaskan, struktur dari bata merah kuno di kebun Mulyanto diperkirakan sisa-sisa permukiman zaman Majapahit. Stuktur yang ditemukan di sisi utara dan barat kebun diperkirakan pagar yang mengelilingi kompleks permukiman.

“Di dalamnya (tengah kebun) ada temuan struktur-struktur lagi sepertinya ini bekas permukiman cukup besar peninggalan Majapahit,” terangnya.

Prediksi situs di Dusun Pakis Kulon ini sisa-sisa permukiman Majapahit, lanjut Wicaksono, ditunjang dengan temuan fragmen genteng yang cukup banyak di lokasi yang sama. Selain itu, bata-bata kuno di situs ini disusun menggunakan tanah liat sebagai perekatnya.

“Teknik nat menggunakan tanah liat biasanya untuk membangun permukiman. Seperti di situs permukiman Majapahit yang kami temukan di Museum Trowulan dan sumur upas,” ungkapnya.

Namun tim arkeolog BPCB Jatim belum bisa memastikan luasan situs permukiman di Dusun Pakis Kulon. “Untuk menentukan luasan pastinya harus diekskavasi. Juga untuk menentukan bentuk denah dan fungsi bangunan ini,” tandas Wicaksono.

(src : DTK / M )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background