CCTV FACE RECOGNITION DIPASANG DI SURABAYA, LHO…

Written by on 30 September 2019

MTBFM.CO.ID CCTV berbasis face recognition (pengenal wajah)  di pasang di Surabaya. Ini sebagai langkah antisipatif menjaga kemanan di Kota Pahlawan.

Tri Rismaharini Walikota Surabaya mengatakan saat ini disiapkan 280 CCTV face recognition.

“Jadi, kita akan tambah kurang lebih 280 kamera,” kata Risma.

Secanggih apakah CCTV face recognition? CCTV face recognition bisa menembus kaca gelap dan bisa menangkap wajah. Keistimewaan lainnya tentang software yang digunakan dan buatan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

“Ini kameranya sudah infrared. Kameranya paling canggih. Jadi, bisa nembus kaca gelap atau di kegelapan. Ini paling bagus,” kata Risma.

Software tersebut akan menghubungkan koneksi dengan data kependudukan yang berfungsi menganalisis identitas setiap wajah orang yang tertangkap kamera.

“Nah, kita pas nangkap (wajah) kita nggak tahu itu siapa. Tapi karena sudah konek dengan data kependudukan akan diketahui semua identitasnya,” terang Risma.

“Nanti setelah ini kita akan komunikasikan dengan densus, kepolisian. Sekarang kita lagi setting termasuk peralatannya. Karena peralatannya agak mahal untuk server,” tambahnya.

Surabaya akan menjadi kota pertama di Indonesia yang menerapkan kamera berteknologi tinggi itu.

“Insya Allah tahun ini sudah kelar. Aku nggak ngomong nanti dikira sombong. Tapi insya Allah iya (pertama kali),” kata Risma.

Risma tidak menyebutkan dimana titik-titik CCTV face recognition. Tapi yang pasti jalan raya yang akan jadi prioritas. Tidak hanya menambah pemasangan CCTV berbasis face recognition di setiap titik-titik strategis, kedepannya juga  akan memasang CCTV bergerak. Ditanya kapan mulai dioperasikan? Risma memastikan bulan November CCTV sudah siap beroperasi.

“Akhir tahun ini sudah siap. Mungkin November sudah siap,” pungkasnya.

 

( src : DTK / WUL )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background