17 AGUSTUS, WARGA NEGARA INDONESIA DIHIMBAU BERSIKAP SEMPURNA 3 MENIT

Written by on 6 August 2020

MTBFM.CO.ID – Istana Kepresidenan mengimbau masyarakat untuk mengambil sikap sempurna dan berdiri tegak selama tiga menit pada peringatan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia nanti, pukul 10.17 WIB.

Kementerian Sekretariat Negara mengatakan, warga dibolehkan tidak berdiri tegak dan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus pukul 10.17 WIB jika situasi tidak memungkinkan. Misalnya, warga yang sedang menyetir di tengah jalan.

“Bahwa di edaran Mensesneg, di sana ada ketentuan bahwa bagi mereka yang sedang melakukan aktivitas tertentu yang itu membahayakan apabila harus berhenti, katakanlah dengan melaju di jalan tol, atau di jalur cepat, tidak perlu melakukan ini karena membahayakan,” ujar Setya Utama Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara dalam konferensi pers peringatan HUT ke-75 RI yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Kamis (6/8/2020).

Ini juga berlaku bagi WNI yang tinggal di luar negeri dengan zona waktu yang tidak terlampau jauh dengan WIB atau GMT +7.

“Misalnya beda (waktu) 2 jam di timur berarti 12.17 WIT mereka harus mengikuti itu. Bagaimana dengan mereka yang di luar negeri? Kami sudah koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, jika itu memungkinkan, waktunya hanya beda 3, 4, 5 jam, wajib untuk mengikuti,” ujar Heru Budi HartonoKepala Sekretariat Presiden.

Sedangkan untuk di daerah, Heru mengimbau Pemda setempat menyiapkan infrastruktur pendukung seperti mobil milik dinas setempat yang memiliki sirene serta ditempatkan di titik-titik strategis. Sehingga saat bendera merah-putih dikibarkan di Istana pukul 10.17 WIB, sirene dibunyikan dan masyarakat menghentikan sejenak aktivitasnya untuk berdiri dan sikap sempurna.

“Mobil Dinas Perhubungan bisa dimanfaatkan, mobil Dinas Kebersihan, mobil patroli kepolisian, baik itu TNI/Polri, semua bisa disiapkan di semua titik-titik strategis, di pasar, di perempatan jalan. Sehingga pada pukul 10.17 WIB, mereka bisa mendengarkan sirene yang disiapkan pemerintah daerah. Mengacunya bagaimana? Pukul 10.17 saat bendera itu dikibarkan,” kata Heru.

 

( src : DTK / M )

 

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background