MTBFM.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat Kota Surabaya menyiapkan mitigasi bencana di 15 kecamatan yang merupakan daerah aliran sungai (DAS) dan dinilai rawan banjir saat musim hujan.

Irvan Widyanto Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya di Surabaya, Kamis, mengatakan pihaknya terus siaga menghadapi potensi datangnya hujan lebat dan angin kencang selama peralihan musim atau pancaroba.

“Kami penyiapan mitigasi bencana, terutama di wilayah-wilayah yang rawan genangan aliran sungai,” katanya.

“Misalnya, pemetaan bencana yang pernah terjadi seperti tanah atau plengsengan longsor, banjir, orang hanyut atau tenggelam,” kata Irvan.

Adapun 15 Kecamatan yang diminta khusus untuk siaga itu adalah Kecamatan Karang Pilang, Kecamatan Jambangan, Kecamatan Wonokromo, Kecamatan Sukolilo, Kecamatan Pakal, dan Kecamatan Asemrowo.

Kemudian Kecamatan Bulak, Kecamatan Rungkut, Kecamatan Gunung Anyar, Kecamatan Genteng, Kecamatan Wiyung, Kecamatan Krembangan, Kecamatan Dukuh Pakis, Kecamatan Sukomanunggal, dan Kecamatan Tenggilis Mejoyo.

Menurut Irvan, 15 kecamatan itu diminta aktif memeriksa ketinggian dan debit air sungai pada pintu air dan rumah pompa. Selain itu, kata dia, kelurahan juga diminta mengaktifkan Kelurahan Siaga Bencana.

Selain aparat kecamatan dan kelurahan, lanjut dia, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan juga diminta melakukan pengecekan rutin terhadap rumah pompa atau pompa-pompa air yang ada di Surabaya. Bahkan, ia juga meminta pompa-pompa yang sudah siap dioperasikan itu, dapat bekerja dengan baik, sehingga dapat mengatur debit air.

( src : ANT / M )

 

 

 

What's your reaction?
0cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2012 –  2021. All rights reserved.