X Factor Indonesia: Berbagai Komentar Kemenangan Fatin

Fatin Shidqia Lubis, pelajar yang masih berusia 16 tahun ini akhirnya menjadi juara pertama di ajang X Factor Indonesia. Ia mengalahkan Novita Dewi Marpaung setelah enam bulan menjalani proses penyaringan hingga masuk babak 13 besar, Fatin meraih voting SMS tertinggi di puncak acara kompetisi waralaba asal Inggris ini.

Ia mengungguli Novita di pertarungan Result Show Grand Final X Factor Indonesia, Jum’at 24 Mei 2013 yang tayang langsung di RCTI. Berbagai komentar muncul dari para juri X Factor Indonesia dan bermacam ekspresi muncul di dunia maya yang menjadi medan utama ajang pertarungan para kontestan X Factor ini.

Fatin_Juara_X_Factor“Ini acaranya X Factor”. Kalau dulu kan ada lomba menyanyi tingkat nasional. Kalau lomba penyanyi nasional, Novita juara satunya,” terang Ahmad Dhani. Secara umum Dhani menjelaskan, jika kontes ini dimenangkan oleh Novita, 33 tahun, faktor-faktor yang mendukung sangat mudah untuk dijelaskan ke publik. “Dia teknik menyanyinya bagus. Nggak pernah fals,” katanya. “Tapi karena ini acara namanya X Factor”, ada sesuatu yang tidak bisa dijelaskan,” tambah pentolan Dewa 19 ini.

Namun hal tersebut bertolak belakang dengan pendapat Anggun C. Sasmi. Menurutnya, kemenangan Fatin merupakan sebuah proses demokrasi di pangsa pasar musik yang sangat luas. “Ini jumping stone untuk ke depannya, dan perlu ditekankan bahwa di Indonesia pasarnya besar sekali untuk musik,” kata penyanyi yang sudah Go Internasional tersebut.

Bebi Romeo bisa menerima kekalahan anak asuhnya, Novita Dewi. Dia menilai Fatin Shidqia Lubis memang pantas menjadi juara. “Memang beda secara value, Fatin karakternya sangat kuat,” ujarnya. Menurut Bebi kemenangan Fatin memang merupakan pilihan masyarakat. “Bagus Fatin menang, penilaian kita serahkan ke masyarakat. Novita dan Fatin, apapun yang terjadi keduanya terbaik,” imbuhnya.

Tak hanya dari fans, ucapan selamat juga datang dari finalis X Factor lainnya via akun Twitter mereka masing-masing, Mikha Angelo dan Ryan “Nu-D”.
“Congrats Fatin, The Winner of XFactor_ID. Very well Deserved 😉 #GoodTime,” kicau Mikha. “Thanks ya teman duet!:p wahaha moon walk’nya pecah tuh haha,” jawab Fatin.
“Season 1 XFactor_ID dimenangkan oleh FatinSL congratulation and GBU entinnnn :P,” kicau Ryan. “Thank you teman garingkuuuu!:p aaaak main yuk main brg anak-anaaakkk,” jawab Fatin.

Dengan kemenangan ini, Fatin menerima uang tunai Rp125 juta, Rp50 juta dalam bentuk reksadana MNC, mobil Suzuki New Swift Matic, asuransi MNCLife Rp2,5 miliar, dan rekaman dengan nilai investasi Rp1 miliar di label Sony Music.