Mengenang Dewa 19, Band Raksasa Yang ‘Pensiun Dini’

Ahmad Dhani dan Dewa 19, dua nama yang menjadi ikon musik era 90 hingga 2000-an, bagai tak terpisahkan. Band yang dibentuk oleh bos Republik Cinta Management itu termasuk salah satu band legend yang dimiliki Indonesia.

Namun, setelah carut-marut diterpa isu perpecahan hingga berganti formasi, Dewa 19 akhirnya berhenti mengepakkan sayapnya 2011 lalu. Penikmat musik mereka yang loyal, Baladewa pun harus menahan kecewa lantaran band yang terbentuk sejak 1986 tersebut akhirnya tak memilih untuk tak berkarya lagi.

Menelurkan puluhan hits yang memiliki arti tersendiri bagi Baladewa, kini formasi terakhir Dewa 19 yang terdiri dari Dhani, Andra, Yuke, dan Once sudah sibuk dengan karir masing-masing. Band raksasa tersebut kini hanya tinggal nama.

Seperti yang diketahui, dari sekian banyak pergantian formasi, hanya Andra sang gitaris yang mampu bertahan. Kedekatan antara Dhani dan Andra memang sudah terjalin sejak sebelum Dewa berdiri. Namun tak berarti Andra hanya mengikuti apa kata Dhani, ia pun sempat mencari ‘pelarian’ dengan membentuk Andra and The Backbone.

Karya-karya Andra banyak yang tak terpakai di Dewa 19. Memang untuk urusan karya, Dhani terbilang cukup idealis dan selektif. Andra pun menyalurkan karya-karyanya bersama AATB, tapi tetap setia kepada Dewa 19. Win win solution.

Sementara itu, Yuke pun tak ingin absen dari dunia musik. Ia kemudian membentuk DOM Project yang beraliran hard rock sebagai pelabuhannya. Mantan bassist The Groove ini pun sempat menyambangi negara tetangga dengan project barunya itu Juni lalu.

Sebelum Dewa 19 menyatakan diri bubar, Elfonda Mekel, alias Once lebih dulu pamit ke Ahmad Dhani untuk fokus bersolo karir. Diduga, keluarnya Once lah yang menjadi pemicu utama mandeknya karir band yang sudah mengarungi dunia musik selama 25 tahun tersebut.

Ahmad Dhani selaku leader pun menyatakan jika Dewa adalah band nostalgia. Jadi jika pun mereka mengadakan konser atau album baru, maka konteksnya adalah semacam reuni, bukan comeback atau apapun itu.

Masih ingat hits Separuh Nafas, Arjuna Mencari Cinta, Roman Picisan, Kangen, dan puluhan lagu legendaris lainnya? Sebagian besar dari fans Dewa 19 pasti punya kenangan tersendiri saat mendengarnya.

Baladewa di seluruh tanah air maupun luar negeri tentunya bersedih dengan tersiarnya kabar 3 tahun lalu ini. Namun lagu-lagu Dewa akan tetap dikenang sebagai masterpiece yang tak lekang oleh gempuran musik-musik canggih masa kini. – kapanlagi.com