Ariel NOAH, Ungkap Kisah di Balik Lagu ‘Andaikan Kau Datang’

Akhirnya di tahun ini NOAH merilis album baru mereka yang dibuat secara khusus berjudul SINGS LEGENDS. Lebih dari sekedar nama megah dan mewah, album ini beramunisikan sederet track dari para penyanyi serta musisi legendaris Indonesia.

Tapi menariknya, track Andaikan Kau Datang justru jadi salah satu lagu yang sedang digandrungi banyak kawula muda dari album SINGS LEGENDS saat ini. Walau dikemas dengan sound yang lebih modern, nyatanya NOAH tetap tak menghilangkan esensi asli dari lagu milik Koes Plus yang juga dipopulerkan oleh Ruth Sahanaya.

Sepintas, lagu ini terkesan lembut dan mellow mengingat liriknya yang puitis – deskriptif. Begitu juga dengan Raditya Dika yang menangkap ide serupa saat pergi dan mendengarkannya bersama Ariel NOAH dalam video yang dirilis channel YouTube Musica Studio baru-baru ini. Tapi, apa lagu Andaikan Kau Datang benar-benar menceritakan kisah mellow dan keinginan untuk move on dari bayangan masa lalu?

Andaikan Kau Datang, mengusung ide luas yang dikemas secara apik oleh Koes Plus dalam barisan liriknya © YouTube/Bandit musik indonesia

Andaikan Kau Datang, mengusung ide luas yang dikemas secara apik oleh Koes Plus dalam barisan liriknya © YouTube/Bandit musik indonesia

Well, Ariel menegaskan kalau Andaikan Kau Datang memang menceritakan rasa kuat untuk move on dari bayangan masa lalu. Tapi ide yang dimuat Koes Plus dalam lagu tersebut nyatanya lebih besar dari sekedar tema cinta, patah hati, atau move on.

Dalam video tersebut, Ariel sendiri mengaku kalau ia baru tahu kisah di balik lagu Andaikan Kau Datang saat bertemu anak Tonny Koeswoyo. Ternyata, lirik lagu tersebut bukan bercerita tentang seseorang dan pasangannya, melainkan dengan kehidupannya.

Setelah aku jauh berjalan, dan kau kutinggalkan,” merupakan sepenggal lirik yang juga menjadi salah satu kunci dari kisah dalam lagu Andaikan Kau Datang. Sosok dalam lagu tersebut sebenarnya bercerita tentang kehidupannya di masa lalu yang glamour, serba mewah. Sosok ini pun lantas mulai beranjak, kemudian meninggalkan kehidupan lamanya.

Bersama Raditya Dika, Ariel Noah ungkap kisah di balik lagu Andaikan Kau Datang © YouTube/Musica Studio's

Bersama Raditya Dika, Ariel Noah ungkap kisah di balik lagu Andaikan Kau Datang © YouTube/Musica Studio’s

Betapa hatiku bersedih mengenang kasih dan sayangmu, setulus pesanmu kepadaku, engkau kan menunggu,” merupakan verse kedua dari lagu Andaikan Kau Datang. Menariknya, lirik lagu ini seakan memiliki sudut pandang berbeda jika dibandingkan dengan bait pertama. Bait kedua ini seperti kehidupan di masa lalu yang berharap sosok dalam lagu ini kembali, tidak memulai kehidupan yang baru.

Terlepas dari itu semua, harus diakui kalau Koes Plus sukses mengemas secara apik romantisme manusia dengan segala hal yang ditawarkan dunia dalam lagu Andaikan Kau Datang. Semua itu semakin ditegaskan lewat lantunan musik yang diaransemen secara manis.

Nah, bisa jadi kamu juga baru tahu kan kalau sebenarnya lagu Andaikan Kau Datang milik Koes Plus dan dibawakan kembali oleh NOAH ini sebenarnya memuat ide besar di balik barisan liriknya yang puitis. So, tidak ada salahnya kalau sekarang kamu mulai membuka dan mengenal lagi sejarah musik Indonesia KLovers. Yang nggak kalah penting, bagaimana dengan lagu Andaikan Kau Datang yang dibawakan NOAH? Coba kasih tahu dong pendapat kamu di kolom komentar KLovers.

Sumber : Kapanlagi.com